Followers

Meredakan Migren

Written with love by Mia Macleod Sabtu, 13 Oktober 2012

Salah satu pertanyaan yang tadi malam mampir ke email saya adalah bagaimana cara meredakan sakit kepala yang diakibatkan migren. Sebelumnya kita cari tahu dulu yuk, apa sih yang disebut dengan migren tersebut? 

Migren adalah nyeri berdenyut hebat dan berulang yang biasanya menyerang satu sisi kepala namun tak jarang juga mengenai kedua sisi kepala. Biasanya nyeri tersebut timbul secara mendadak, namun juga bisa didahului dengan gejala-gejala seperti  gejala visual (penglihatan) atau gejala neurologis (saluran pencernaan), benar demikian para penderita migren? ;) kadang sebelum kepala berdenyut tak tertahankan, penglihatan kita menjadi kabur atau terjadi blind spot.

Migren terjadi karena secara tiba-tiba pembuluh darah arteri yang menuju otak menjadi sempit (mengkerut) dan kemudian melebar (dilatasi), sampai sekarang penyebab hal tersebut terjadi masih tidak diketahui. Namun demikian kadar serotonin (hormon yang berfungsi mengirimkan sinyal antar sel saraf) yang rendah bisa memicu kontraksinya pembuluh darah.

Yang bisa kita lakukan disaat migren menyerang adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui pembuluh darah arteri ke otak mengalami masalah, sebaiknya kita melakukan pose anak (childpose). Pose ini membantu melancarkan pasokan darah ke otak dan karenanya melancarkan pasokan oksigen juga. Berikut adalah gerakannya:


2. mengkonsumsi makanan yang mengandung serotonin diantaranya adalah cokelat dan pisang (cek web ini deh http://bumbata.com/2578/tips-meningkatkan-serotonin-otak-dengan-4-jenis-makanan/#axzz29F2wxTFU).

Mudah bukan? kalau masih bisa menghindari obat-obat kimia, mengapa tidak? ;)

0 komentar

Posting Komentar