Followers

Mau Langsing???(Edisi 3)

Written with love by Mia Macleod Senin, 22 Oktober 2012

Sudah membaca Mau Langsing (Edisi 1 dan 2)??? Yukkk lanjut ke Edisi 3... sekarang kita membahas mengenai makanan sehari-hari yang biasanya kita konsumsi. Dengan mengetahui jumlah kalori yang selama ini kita makan, diharapkan dapat dikurangi sehingga end result-nya adalah mengurangi berat badan :) Entri yang ini akan lebih panjang dari biasanya yaaaa....

Mari kita mulai....mengingat pelajaran jaman sekolah duluuuu ;)

Sudah tau khan, sehari-hari manusia harus mengkonsumsi tiga zat gizi utama yang cukup jumlahnya, baik zat tenaga, zat pembangun maupun zat pengatur. Berikut adalah tiga zat gizi utama tersebut :

1. Karbohidrat didapat dari makanan yang mengandung tepung-tepungan, padi-padian, atauu umbi-umbian... misal nasi, kentang, roti atau mie dan lainnya.....Nah, karbohidrat ini bertindak sebagai zat pemberi tenaga, jadi kalau merasa kurang bertenaga makanlah karbohidrat :)

2. Protein terbagi dari dua sumber, protein hewani dan protein nabati, betul??? Nah, protein nabati biasanya berasal dari kacang-kacangan, misal tempe dan tahu. Protein hewani berasal dari hewan lah yaaaaa... daging sapi, ayam, ikan, susu, keju dan lainnya. Pentingnya protein karena protein itu zat pembangun. Maka apabila sakit, kita perlu makan banyak  protein supaya sel tubuh kita meregenerasi diri lebih cepat alias kita lebih cepat sembuh.

3. Sayur mayur dan buah-buahan masuk ke kategori apa? masuknya ke kategori zat pengatur. Nah, fungsi utama dari zat pengatur adalah untuk memberi tubuh perlindungan maksimal terhadap serangan penyakit.

Sudah lebih paham dong ya? Sekarang mulai pelajaran itang itungnya yuuuuukkk...

Sudah tahu belum??? Dalam 1 gram karbohidrat = 4 kal, 1 gram protein = 4 kal, dan 1 gram lemak = 9 kal. 

Jadi.... kalau makan steak 100 gr daging tenderloin (anggep fat free yaaa) ada berapa kalorikah??? jawabannya 100 gr x 4kal = 400 kal (daging masuknya ke protein yaaaaa) sialnya...ini murni daging di grilled lho... namun biasanya grillednya itu pake mentega/butter biar ada rasa, plus side dishnya pakai kentang goreng/mash potatoes (dua-duanya luar biasa yaaa... kentangnya sendiri sudah ada kalorinya, apabila di goreng, kalori bertambah dari minyaknya ATAU apabila mash potatoes kalori bertambah dari keju, susu, butter dan cream yang dicampur pada saat buat mash potatoesnya hehehe)  sudah kebayang belommmmm berapa kalorinya??? hehehe

Pssttt: Kerupuk juga ada kalorinya lhoooo... jangan anggep sepele yaaaa.....khan dari karbohidrat dan lemak minyaknya ;)

Sekarang kita beralih yuk ke hitungan makanan sehari-hari :)
 
Beberapa jenis makanan dan perhitungan kalori sederhana sebagai patokan misalnya adalah:
1 sdm gula = 10 gr = 40 kal
1 sdm minyak = 10 gr = 90 kal
1 pt daging (ayam, ikan) sekitar 100-an kal
1 pt tahu atau tempe = 80 kal


Coba dihitung dalam sehari berapa kali kita minum teh/kopi??? biasanya 3x sehari ya...pagi, siang pas ngantuk dan sore menjelang pulang kantor.... misalnya aja nih dalam 1 mug kita memakai 2 sdm gula, berarti dalam 1 mug ada 80 kalori ya... kalau dikali 3 berarti sudah 240 kalori aja nih... padahal yaaa 1 potong tahu itu 80 kalori, sebanding dengan 1 mug teh/kopi yang kita minum... sudah tahu ya mana nih yang bikin kenyang...minum teh atau makan tahu????

Misalnya lagi nihhh, kebutuhan kalori kita sehari-hari adalah 2000 Kalori, sementara kalau mau menurunkan berat badan harus dikurangi 500 Kalori, berarti kalori yang kita perlukan dalam 1 hari hanya 1500 Kalori saja lhoooo... sementara ada 5-6 kali jadwal makan (baca di Mau Langsing??? Edisi 1 dan 2) dan kita meminum 3 cangkir teh/kopi yang menggunakan gula yang mengandung 240 Kalori. Kebayang khan kenapa kita membulat???

Makanya, kurangi penambahan kalori yang tidak diperlukan. Kalau ga bisa cut down frekwensi minum teh/kopinya, kurangi pemakaian gulanya dari 2 sdm menjadi hanya 1 sdm, kalau rasa berubah menjadi kurang manis coba deh beli mug yang lebih kecil. Efek psikologisnya tetep sama, karena tidak merubah kebiasaan minum teh/kopi namun kita memasukkan kalori kedalam tubuh lebih kurang daripada biasanya. Sukur-sukur kalo bisa dikurangi juga frekwensi minum teh/kopinya :)

Sekian dulu, paling tidak sekarang sudah ada gambaran ya.... kenapa kita membulat dan susah buat turunin berart badan :) diharapkan dengan mengetahui hitungan sederhana diatas, kita bisa memantau diri kita sendiri dan berhasil dalam program penurunan berat badannya :)

Masih bingung juga??? makanya datang ya ke Ketu House (berdasarkan perjanjian terlebih dahulu yaaaaa)



0 komentar

Posting Komentar