Followers

Meditasi atau Relaksasi?

Written with love by Mia Macleod Sabtu, 13 Oktober 2012

Apa sih yang dimaksud dengan meditasi? Masih banyak yang belum mengerti sebetulnya apa sih meditasi tersebut, dan tak jarang juga kita menyamakan dengan relaksasi. Padahal kedua hal ini mirip namun tak sama lho. 

Relaksasi adalah cara untuk membuat diri menjadi rileks dengan membiarkan pikiran kita menerawang tak terkendali. Disisi lain,meditasi adalah sebuah cara untuk membuat diri lebih rileks dan mampu menguasai diri.  Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan memusatkan pikiran dan memberikan rasa nyaman, damai, rileks dengan mengatur pernapasan. 

Dengan pengaturan pernapasan dan memusatkan pikiran ini, secara otomatis aliran darah akan mengalir lancar dan dengan sendirinya memperbaiki kemampuan untuk berkonsentrasi sehingga meningkatkan kesadaran diri yang pada akhirnya membuat Anda mampu mengatasi stress dalam diri Anda. Dengan mengatasi stress dalam diri Anda ini, berarti Anda berhasil untuk menguasai diri. 

Contoh paling mudah dilaksanakan adalah saat Anda merasa kesaaaaaaaaaaaallll sekali dengan kejadian yang menimpa Anda, coba pejamkan mata Anda. Atur pernapasan Anda, kemudian hitung 10 hitungan secara mundur. Saat Anda berkonsentrasi untuk hitungan mundur tersebut disertai dengan pengaturan napas, Anda sedang melakukan meditasi. Sehingga saat mata terbuka, Anda sudah bisa menelaah kenapa kejadian tersebut terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini-lah yang disebut sebagai "kesadaran diri", dimana sebetulnya semua jawaban atas pertanyaan yang ada di pikiran kita sudah kita ketahui, namun terkubur dalam sub- conscious. Meditasi akan membantu kita untuk membuka labirin dalam sub-conscious di diri kita.

Meditasi sebaiknya dilakukan dalam posisi duduk tegak dengan melakukan pernapasan perut. Anda dapat melakukan posisi – posisi duduk yoga seperti posisi duduk lotus  (padmasana), setengah lotus  (ardha padmasana), posisi duduk yoga mudah (sukhasana), maupun posisi duduk yoga sempurna   (siddhasana). Namun demikian, anda juga dapat bermeditasi sambil duduk di atas kursi. Jadi pada dasarnya, Anda bisa melakukan meditasi dimana saja dan kapan saja.

Tertarik mempelajari lebih lanjut? silahkan datang ke  Ketu House dengan perjanjian terlebih dahulu.

0 komentar

Posting Komentar