Followers

MENGUNYAH itu PENTING!

Written with love by Mia Macleod Senin, 14 Januari 2013

Mengunyah merupakan kegiatan yang terlihat sepele ya...dan biasanya kita lakukan secara terburu-buru. STOP mengunyah secara terburu-buru ya... karena mengunyah itu sangat penting lho... banyak aspek kesehatan kita tergantung dari kegiatan mengunyah ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kesehatan gigi dan rahang - Kok bisa? Karena dengan kita mengunyah, maka kelenjar kita akan mengeluarkan lendir saliva (ludah) dimana fungsinya selain memperkuat enamel gigi, tetapi juga membersihkan mulut, dan gerakan mengunyah itu sendiri menguatkan rahang kita, dan melatih otot wajah. Oleh karena itu disarankan untuk mengunyah secara seimbang, kanan dan kiri.

2. Kesehatan pencernaan - Dengan mengunyah maka lendir saliva akan keluar dan membantu proses pengunyahan tersebut. Di dalam saliva tersebut ada enzim yang namanya Enzim PTIALIN... ini enzim yang sangat penting lho..karena enzim ini mengubah zat amilum (zat tepung) menjadi glukosa sehingga ketika masuk ke lambung, lambung tinggal lebih menghaluskan lagi agar siap diterima oleh usus halus kita. Kebayang khan apabila kita mengunyah dengan tergesa-gesa dan makanan tidak tercerna sempurna maka lambung kita akan bekerja lebih keras lagi sehingga ini juga yang menyebabkan sakit lambung.

3. Dengan mengunyah lebih lama, otak kita pun memiliki waktu untuk mencerna data dari perut kita yang menyatakan stop -perut sudah penuh-kenyang, sehingga kita tidak makan terlalu banyak, hanya secukupnya saja. Hal ini mampu menghindarkan kita dari obesitas.

Jadi kesimpulannya adalah...Mengunyah itu PENTING ya... karena mempengaruhi sistem pencernaan kita yang pada akhirnya mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

0 komentar

Posting Komentar